Senin, 14 Maret 2016

Menentukan Prioritas



Jadi akhir-akhir ini saya merasa tidak begitu bahagia, karena banyak hal yang saya lakukan terlambat. Terutama masalah skripsi.

Saat ini status saya adalah mahasiswa semester akhir di salahsatu universitas negeri di jawabarat.

Selain itu saya juga masih berstatus sebagai karyawan di salahsatu perusahaan environmental consultant terkemuka di Indonesia.

Dan sebelumnya saya juga mempunyai profesi sebagai blogger dan internet marketer.

Khusus untuk profesi blogger dan internet marketer, asal tahu saja saat ini saya hanya memiliki dua blog. Sebut saja dua blog tersebut adalah Blog M dan Blog C.

Jujur saja, dua blog ini menjadi harapan besar saya di masa depan. Semoga atas izin Alloh SWT saya bisa menjadikan dua blog ini jembatan bagi impian-impian saya.

Dua blog tersebut dua-duanya adalah blog yang berisi informasi gratis, yang monetizingnya kelak di ranah advertising seperti adsense.

Tapi yang paling urgent saat ini adalah skripsi.


Sampai detik ini saya belum juga menyelesaikan proposal skripsi yang sebenarnya sudah bisa diselesaikan sejak dua bulan yang lalu.

Hari ini tanggal 14 Maret 2016, saya punya target proposal saya bisa disetujui selambat-lambatnya pada hari kamis tanggal 31 Maret tahun ini.

Berarti saya punya waktu 17 hari lagi, atau dua minggu lebih.

Dilemanya, saya ingin beres semua. Saya ingin bekerja di dua blog saya, juga saya ingin selesai skripsinya.

Sudah dua bulan ini saya mencoba melakukan semua hal berbarengan, tapi hasilnya malah berantakan. Skripsi tidak kunjung selesai juga postingan di blog tidak kunjung bertambah.

Sudah semestinya, saya memang harus menentukan prioritas dari beberapa kegiatan makro yang saya miliki, harus ada yang benar-benar DIKERJAKAN dengan SERIUS dan juga harus ada yang DITINGGALKAN dengan SERIUS.

Berikut ini adalah INVENTARISASI kegiatan-kegiatan MAKRO saya saat ini :

1. Pekerjaan Kantor
2. Blog M
3. Blog C
4. Tugas Kuliah E-Bisnis, RPL, dan Statistika 2
5. Skripsi
6. Kesehatan.



Lalu mana dari 6 kegiatan diatas yang akan dijalankan dengan serius dan yang akan ditinggalkan dengan serius.

1. Pekerjaan kantor

status : KERJAKAN dengan SERIUS.

Rasanya hampir mustahil kalau harus meninggalkan pekerjaan kantor. Karena sampai saat ini Alloh SWT masih menitipkan sebagian Besar rezeki saya di perusahaan tempat saya bekerja.

Oleh karena itu pekerjaan di kantor masih menjadi prioritas utama saya.

2. Blog M

status : TINGGALKAN dengan SERIUS.

Kabar terakhir dari blog ini, saya berniat untuk jualan di blog ini. Jualan produk kesehatan yang saya yakin akan sangat laku jika sudah ranking satu.

Tapi setelah saya pikir-pikir lagi, ternyata mengerjakan blog M akan menyita waktu yang sangat banyak.

Saya juga menelaah diri sendiri, jika pun sudah berada di ranking saya, sumber daya yang saya miliki belum cukup. Bisa jadi nanti malah sia-sia.

Jadi saya putuskan untuk tidak mengerjakan blog M sama sekali dalam rentang waktu minimal satu bulan kedepan.

3. Blog C

status : KERJAKAN dengan SERIUS.

Saya selalu ingin mengerjakan hal-hal yang berbau make money online. Biarlah blog M tidak saya kerjakan, walaupun sebenarnya potensi penghasilan blog M itu besar sekali. Lebih besar daripada Blog C.

Tadinya saya berniat untuk mengistirahatkan total semua kegiatan make money online saya.

Tapi saya tidak bisa, karena dibalik pekerjaan online ini, tersimpan harapan yang besar, yang menjadi motivasi dan mood booster saya setiap hari.

Alasan saya mengerjakan Blog C karena perawatannya yang mudah, hampir semudah kopi paste saja. Waktu untuk mengerjakan satu postingannya saja paling banyak hanya 30 menit, berbeda dengan blog B yang membutuhkan waktu paling sedikit 3 jam untuk satu postingan.

Waktu yang disediakan untuk mengerjakan blog C setiap harinya adalah 30-60 menit per hari.

4. Tugas Kuliah E-Bisnis, RPL, dan Statistika 2

status : KERJAKAN dengan SERIUS.

Anyway, semester ini saya mengulang 3 mata kuliah diatas. Saya tidak mau jatuh ke lubang yang sama, jadi saya harus belajar dengan serius.

Khusus untuk e-Bisnis, mata kuliah ini mengharuskan kita untuk membuat blog, sebagai dokumentasi dari eksplorasi materi perkuliahan di kelas.

Syaratnya kita diharuskan membuat 5 postingan di blog e-Bisnis kita setiap hari.

Tapi saya meng-anggarkan waktu setiap hari untuk mengerjakan blog e-Bisnis ini adalah 30-60 menit setiap harinya.

5. Skripsi.

status : KERJAKAN dengan SERIUS.

Alasan kenapa postingan ini dibuat adalah karena skripsi saya yang tak kunjung selesai, meskipun teman-teman yang lainnya sudah banyak yang selesai, bahkan beberapa diantara mereka yang sudah sidang proposal, tapi ternyata itu tidak menjadi sebuah motivasi bagi saya untuk segera menyelesaikan proposal skripsi.

Tahapan dari skripsi adalah :
Proposal Skripsi ==> Belajar PHP ==> Belajar Java Android ==> Buat Program ==> Laporan Akhir ==> Wisuda.

Untuk tahap pertama saja, saya belum selesai, soalnya terkadang saya loncat-loncat kerjanya, contohnya ketika malas mengerjakan proposal skripsi, akhirnya saya malah belajar php dan java. Tidak sampai tamat belajarnya, terus malah pengen ngerjain Blog C dan Blog M.

Jadi proposal skripsi sangat sangat terabaikan.

Oleh karena itu, harus ada gebrakan mental, revolusi pola pikir, redifining time untuk menyukseskan agar proposal skripsi saya bisa di setujui sebelum tanggal 31 Maret 2016.

Alokasi waktu setiap hari untuk mengerjakan proposal skripsi hingga selesai di setujui dosen pembimbing adalah 2-3 jam per harinya.

6. Kesehatan.

status : KERJAKAN dengan SERIUS.

Berat badan saya naik secara signifikan, yang lebih bahaya adalah saya jadi lebih mudah mengantuk, sehingga malam hari setelah makan malam saya tidak kuat lama-lama untuk mengerjakan sesuatu di laptop.

Efeknya waktu produktif saya banyak berkurang.

Seharusnya saya bisa meluangkan waktu 2-3 jam setiap malam untuk mengerjakan skripsi atau tugas kuliah, tapi karena rasa kantuk yang hebat jadi hilang 2-3 jam per  harinya.

Hal ini diakibatkan karena saya sering makan terlalu malam, harus di setting dari awal, kalau lagi di rumah makan paling telat adalah jam setengah enam sore. Tidak boleh makan lebih dari itu.

Kalau lagi di luar rumah, makan lebih dari jam setengah enam masih diperbolehkan, karena nanti juga sedikit banyak akan terbakar pada saat perjalanan pulang ke rumah, yang terpenting setelah tiba di rumah JANGAN SEKALI-KALI MAKAN KARBOHIDRAT.

Terus dibiasakan lagi juga untuk berolahraga secara teratur. Jogging atau jalan pagi sudah sangat jarang sekali dilakukan. Berenang juga sudah lama sekali ditinggalkan. Oleh karena itu harus ada perbaikan.

Biasakan bangun jam 3 subuh untuk solat tahajud, setelah itu lanjut mengerjakan apapun seperti mengerjakan proposal skripsi, tugas kuliah atau posting di Blog C hingga solat subuh di masjid.

Sepulang dari masjid maka lakukan olahraga paling tidak jogging 15 menit atau jalan cepat 25 menit.


Lakukan juga push up sehari minimal 10 kali dan pull up sehari minimal 3 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar