Senin, 30 Januari 2017

Dream On



Tuhh kan, udah lebih dari dua bulan sejak postingan terakhir gue belum update blog ini lagi.

Kemaren bilangnya katanya mau aktif lagi nulis, tapi ternyata engga sama sekali.

Boro-boro nambah postingan baru, liat blog ini seminggu sekali, atau sengaja sebulan sekali aja engga.

Katanya sih gue pengen jadi blogger sukses, blogger konsisten, atau blogger apalah apalah,..

Tapi faktanya produktifitas menulis gue jauhh banget sama keinginan gue untuk make money from blogging.

Oia, kondisi gue saat ini masih bekerja buat orang lain. Kerja nya di kantor sih. Lumayan nyantai, tapi ga bisa dibilang santai juga deng, soalnya kadang gue bisa ada tugas luar kantor, dari pagi pulang sore atau malem.

Tadi gue ada tugas keluar kantor, pulang sekitar jam dua an, pas di jalan gue udah kebayang aja untuk maen PES sama temen sekantor gue begitu sampe kantor.

Tapi pas nyampe kantor, ternyata di kantor udah ada bos gue.

Bos gue lagi ada tamu di kantor.

Yaaa... ga mungkin banget lah gue maen PES sementara sebelah ruangan ada bos gue.

Yaudah akhirnya gue so' so' an liat laptop, klak klik klak klik, biar dikira lagi kerja.

dan akhirnya terbesitlah keinginan untuk nulis postingan ini.

Ceritanya berawal dari tadi pagi.

Hari ini, gue nyampe di kantor telat 20 menitan.

Bukan tanpa alasan, ini disebabkan cuaca lagi ga bersahabat. Pas gue pengen berangkat ngantor dari rumah, ehh malah hujan turun. Akhirnya gue nyantai, karena gue punya alesan untuk telat masuk kantor.

Pas nyampe di kantor, gue langsung buka-buka campaign iklan gue di facebook.

Iklan yang baru kemaren sore gue publish, udah punya reach sekitar enam ribuan reach.

Udah ada interaksi sekitar 900 an interaksi.

Ini menurut gua keren banget.

Bahkan harga iklan per engagement nya lumayan murah banget, cuma 77 rupiah per engagement.

Tapi iklan yang cukup aduhai ini, pagi tadi pas gue baru nyampe kantor, langsung gue STOP.

Walaupun secara angka dan statistik iklan gue cukup menakjubkan, tapi dari sisi sales sangat memprihatinkan.

Dengan engagement yang sebesar itu, saya belum satupun mendapatkan sales.

Ini mah bahaya.

Yaudah akhirnya gue setop dah tu iklan.

Gue lakukan identifikasi kecil-kecilan mengenai apa yang menyebabkan iklan gue minim konversi, bahkan Nol.

Karena waktu gue ga banyak jadi gue harus cepat-cepat memutuskan apa masalahnya.

Akhirnya gue tarik sebuah kesimpulan yaitu : GUE SALAH MILIH PRODUK.

Produk yang gue pilih itu makanan. Tepatnya kacang almond roasted.

Kacang almond menurut gue termasuk kategori produk yang premium dan cukup exclusive.

Yang beli produk itu minimal orang yang kerja kantoran. Itu minimal ya. Jadi termasuk produk middle - high.

Adapun kenapa engagement nya muantep, itu tak lain karena foto produk yang gue pajang itu keren banget.

Ada double border nya gitu. Dan produknya juga fokus-ngeblur gitu. Pokoknya keren.

Kesalahan berikutnya setelah salah memilih produk adalah cara chattingan gue yang terkesan ribet dan kelamaan. So' so' an menjelaskan produk dari awal sampe akhir sejelas-jelasnya. Padalah ternyata bikin yang beli ilfil.

Setelah kegagalan tadi, gue akhirnya mencari-cari solusi lewat google.

Dan pencarian gue terhenti di sebuah website yang simple banget.

Sebenernya website ini udah lama juga gue tau. Setiap kali gue baca-baca artikel disana, gue emang selalu punya ide-ide baru. Sayangnya engga menimbulkan kesan apa-apa. maksudnya ga bikin gue pengen masukin daftar bookmark.

Mungkin karena dulu, gue mampir kesana bukan karena butuh, tapi lebih kepada karena gue iseng ga ada kerjaan. Atau nyari referensi ide atau kata-kata buat bahan ngeblog gue.

Tapi untuk kali ini, gue mampir karena gue ada butuh nya.

Gue baca dari awal sampe akhir tulisan, edaannn... mantap banget nih blog nya. Simpel, minimalis, tapi fokus sama satu topik. yaitu Content Marketing.

Nama blog nya adalah writepreneurs.com .

Mungkin sebagian dari pembaca ada yang pernah berkunjung ke blog nya, mungkin sebagian lagi belum pernah, dan sepertiganya lagi sedang asik ngapalin lirik lagu K-Pop.

Oke.

Jadi disana gue belajar tentang produk apa yang pasti laku kalo dijual di internet.

Seperti yang udah gue ceritain tadi, gue terkagum-kagum sama tulisan Rusdianto.

Tapi yang gue udah tau dari dulu, si Rusdianto ini juga jualan ebook.

Jadi artikel-artikel yang ada di blog nya itu sebagian artikelnya hanya ditulis sepotong aja. Nah untuk mendapatkan kue yang utuh, harus beli ebook nya.

Ini gue udah tau sejak lama kalo si Rusdianto jualan ebook.

Dan dari dulu gue juga "ogah" buat beli ebook nya.

Bukan karena gue ga percaya sama kemampuan si Rusdianto dalam hal toko online. Tapi gue engga mau beli karena gue emang engga butuh.

Tapi pagi ini, setelah gue nyetop iklan facebook gue, akhirnya si Rusdianto secara magis menggerakan jari-jari gue untuk masuk ke mobile banking mandiri gue, dan memindahkan 300 rebu kurang seperak dari rekening gue ke rekening dia.

Gue sih belum baca ebook nya kayak gimana. Mungkin tar malem.

Yang bikin gue tertarik adalah cara nya si Rusdianto memonetizing blog nya. Yaitu dengan jualan Ebook.

Gue kenal dengan blogger yang namanya Yodhia Antariksa. Dia juga jual produk digital lewat blog nya.

Tapi gue sama sekali engga kepikiran untuk buat produk digital lewat blog gue setelah baca-baca artikelnya mas Yodh.

Beda sama WritePreneurs.com , setelah gue beli ebook pemiliknya, si Rusdianto, gue jadi pengen juga untuk punya produk digital sendiri.

Saat ini gue emang lagi ngeblog di sebuah blog yang gue proyeksikan akan menjadi maha karya gue di masa depan. Tapi seperti biasa, gue inkonsisten.

Ke-tidak-konsistenan gue itu lebih disebabkan karena gue engga punya tujuan ketika ngeblog disana.

Okelah, gue ngeblog hal-hal yang memang udah jadi interest gue, tapi buat apa gue spend waktu banyak-banyak tapi engga menghasilkan apa-apa dari blog itu.

Lebih baik gue lakukan hal lain yang lebih menghasilkan.

Karena setelah menikah, gue jadi lebih mata duitan.

Oke balik lagi,

Karena terinspirasi oleh writepreneurs itulah akhirnya gue putuskan untuk ngeblog lagi.

Gue mulakan ngeblog di blog ini, selanjutnya baru di blog-blog lainnya.

Tujuannya jelas, gue kembali ngeblog untuk uang. Hahaha...

Gue nanti akan ngeblog, se-ngeblog-ngeblog nya. Gue nulis apapun yang menjadi minat gue, sambil gue merencanakan produk digital gue, dari sejak hari pertama gue ngeblog.

Bayangan gue nanti gue punya produk digital yang judulnya, bagaimana hidup sejahtera dari kegiatan online.

Isinya mulai dari kegiatan ngeblog, hingga jualan di market place, bahkan dibahas juga tentang FB Ads.

Bagaimana gue memecat bos gue di kantor, hingga menjalani hari-hari sebagai manusia yang passionate. Menjalankan tugas manusia sebagai hamba Alloh, menjalankan peran sebagai suami yang tidak bekerja kantoran atau pabrikan, menjadi ayah untuk anak-anak gue, dan juga bagaimana usaha gue menjadi anak yang berbakti pada orang tua dan mertua gue.

Akhirnya reborn ngeblog kali ini benar-benar menggairahkan. super dahsyat.

dan Last of the last, semoga gue bisa konsisten dengan omongan gue barusan.
Tidak ada komentar:

Posting Komentar